27.7 C
Manokwari
Jumat, Agustus 8, 2025
27.7 C
Manokwari
More

    Pesawat Sriwijaya Air Makassar-Manokwari Delay 4 Jam Lebih, Manajemen Ribut dengan Penumpang

    Published on

    Manokwari, linkpapua.com– Manajemen Sriwijaya Air terlibat cekcok dengan sejumlah penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sabtu (21/5/2022). Keributan dipicu oleh delaynya pesawat lebih dari 4 jam lebih.

    Penumpang Sriwijaya Air yang terbang dari Makassar menuju Manokwari awalnya melontarkan protes karena pihak maskapai delay tanpa alasan yang jelas. Pesawat dengan nomor penerbangan SJ. 570 harusnya bertolak menuju Manokwari pukul 03.10 wita.

    “Kami seharusnya terbang pukul 03.10, namun karena alasan yang tidak jelas pesawat kami baru terbang sekitar pukul 07.48,” terang salah seorang penumpang.

    Penumpang ini menyebut alasan yang disampaikan oleh maskapai tidak bisa diterima. Pasalnya pesawat yang sudah berada di landasan pacu tiba-tiba kembali ke hanggar dengan alasan penambahan fuel.

    Baca juga:  Polisi Dikerahkan Lakukan Evakuasi Sisa Material Pascabanjir di Wondama

    “Ini kan sudah tidak logis, pesawat sudah bergerak menuju landasan kemudian kembali itu sekitar pukul setengah 6 atau jam 6, biasanya penambahan fuel dilakukan setelah penumpang turun dari pesawat,” katanya.

    Disampaikan bahwa kejadian tersebut sempat memicu keributan antara penumpang dan pihak manajemen. Dari keributan tersebut itulah juga terungkap bahwa pesawat yang sama juga sempat delay di Jakarta selama kurang lebih 6 jam sebelum berangkat ke Makasar.

    Baca juga:  Manokwari PPKM Level 4, Derek Ampnir Tekankan 2 Hal Ini

    “Yang kita sesalkan pihak manajamen tidak jujur menjelaskan kondisi pesawatnya. Bahkan memberikan alasan yang tidak jelas. Ini justru memicu kekhawatiran,” ucapnya.

    Seharusnya pihak manajemen lebih komunikatif. Bukan justru terkesan sembunyi dari tanggung jawab.

    “Sampaikan alasan yang benar dan memberikan kepastian bahwa kendala tersebut pasti dapat ditangani supaya penumpang bisa lebih tenang. Ini malah kasih alasan yang tidak logis, apalagi pesawatnya sudah dua kali delay,” Tambahnya.

    Lebih lanjut, Yongki juga menyampaikan pihak manajemen bersikap tak peduli kepada penumpang. Padahal menurutnya saat seperti itu dibutuhkan perhatian dari manajemen.

    Baca juga:  Pra-peradilan Dikabulkan, Selviana Wanma Minta Nama Baik Dipulihkan

    “Misalnya saja menyediakan air minum atau makanan ringan. Itukan bisa mengurangi ketegangan penumpang,” katanya.

    Kompensasi tersebut juga sudah diatur oleh Permen Nomor 89 tahun 2015. Dalam permen tersebut diatur bahwa apabila pesawat delay 181 menit sampai 240 menit maskapai harus menyediakan minuman ringan sampai makanan berat. Apabila pesawat delay di atas 240 menit pihak maskapai harus memberikan kompensasi berupa uang tunai sebesar Rp300. 000,-.

    “Itu mereka tidak taati. Padahal kami delay selama 278 menit. Jangankan makanan, minuman ringan bahkan tidak disediakan,” akunya. (LP6/red)

    Latest articles

    Polri Gelar Sosialisasi Tangkal Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bertempat di Aula Hotel Raihan, Kampung Onim Jaya, Distrik Bomberay, Kamis (7/8/2025) Satgaswil Densus 88 AT Papua Barat berkolaborasi dengan Polsek Bomberay...

    More like this

    Polri Gelar Sosialisasi Tangkal Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bertempat di Aula Hotel Raihan, Kampung Onim Jaya, Distrik Bomberay, Kamis (7/8/2025)...

    Apel Persiapan HUT Ke-80 RI di Teluk Bintuni, Bupati Tekankan Semangat Persatuan

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.id - Bupati Teluk Bintuni Yohanis Manibuy menekankan semangat persatuan dalam menyambut...

    Polda Papua Barat Periksa Kegiatan OPD Pemprov Terkait Temuan BPK

    MANOKWARI, LinkPapua.id – Polda Papua Barat mulai memeriksa sejumlah kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD)...